Selain Soto, Kudus juga Punya Nasi Pindang Kerbau

0
40
views

Kudus memang terkenal dengan sotonya. Tapi, tahukah Anda bahwa di kota ini pun punya jenis kuliner lain yang tak kalah lezatnya. Nasi pindang namanya. Yang khas adalah nasi pindang kudus terbuat dari daging kerbau.

Kuahnya berwarna kecokelatan. Dan, menurut catatan sejarah, nasi pindang kerbau ini sudah ada sejak lama sekali. Bahkan, sejak Sunan Kudus melakukan syiar Islam di kawasan itu jenis kuliner ini sudah ada.

Jika ditelisik bumbu pindang kerbau khas Kudus ini sejatinya sangat mirip dengan rawon. Tak heran, melihat warna kuah tersebut adalah kecokelatan. Yang membedakan pindang ini dengan rawon adalah pindang diberi santan encer, serta ditambah daun melinjo muda.

Alhasil, cita rasa dari kuliner ini memang begitu khas, kurang-lebih mirip kluwek dan kemiri dikombinasi oleh ketumbar dan jintan.

Dalam hal penyajian pun terbilang sangat khas. Biasanya memakai pincuk atau piring beralas daun pisang, serta memakai sendok daun pisang atau suru. Agar lebih asyik lagi, menikmati nasi pindang kerbau khas Kudus bisa dilengkapi dengan berbagai lauk-pauk lain. Semisal, tempe dan tahu goreng, paru goreng, perkedel kentang dan sate telor puyuh. Perlu diingat selain pindang kerbau, belakangan pindang dengan berbahan dasar daging sapi pun sekarang sudah mulai bermunculan. Dan, bagian daging saping yang paling enak dan biasa digunakan adalah lemusir.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY