Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara lho

0
8
views
Ilustrasi pixabay

Tak cuma wanita, kaum pria pun sejatinya memiliki jaringan payudara yang terdiri dari kelenjar produsen susu atau lobul. Saluran ini berfungsi menghantar air susu ke puting dan lemak. Memang harus diakui, wanita memiliki lebih banyak jaringan ini, utamanya di saat-saat masa pubertas. Berbeda dengan kaum lelaki yang pertumbuhan jaringan payudara yang sangat sedikit.

Namun, meski jumlahnya relatif lebih kecil ketimbang kaum wanita, bukan berarti kaum pria akan terbebas alias aman dari gangguan kanker payudara. Tetap saja rentan. Kanker payudara tetap bisa menyasar ke mereka. Memang tak bisa dipungkiri jumlahnya terhitung cukup langka, 1 banding 1.000 di dunia. Dan, faktor penyebabnya karena riwayat genetik dari orang tua. Dari mutasi gen, utamanya gen BRCA2 yang menjadi penyebab kanker payudara dan prostat.

Paling tidak ada dua macam kanker payudara yang kerap menyerang pria. Selain Ductal carcinoma yang tumbuh pada saluran susu, juga ada Lobules carcinoma yang kerap menyerang kelenjar susu. Untuk Ductal carcinoma diklaim sebagai jenis kanker payudara yang lebih banyak diidap kaum laki-laki. Sebaliknya, Lobules carcinoma adalah tipe kanker yang jarang terjadi pada kaum pria. Karena memang pria termasuk sangat sedikit memiliki kelenjar susus.

Di luar itu, sebenarnya masih ada sejenis kanker payudara lagi yang bisa menyerang pria. Namanya penyakit Paget’s. Sasarannya adalah puting dan kanker payudara inflamasi. Tapi untungnya untuk jenis kanker yang satu ini terbilang jauh lebih langka ketimbang dua jenis terdahulu.

Lantas, bagaimana untuk mengetahui seseorang terserang kanker payudara atau tidak? Simpel saja. Terkait ini sejatinya metode yang diterapkan sama saja dengan yang biasa digunakan kaum wanita. Yakni, SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Tak seperti kaum wanita, metode pemeriksaan bagi kaum laki-laki justru jauh lebih simpel.

Agus A. Abdullah

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY