Pesona Bawah Laut Pulau Kapoposang Luar Biasa

0
13
views
Foto Dok. TWP Kapoposang

Pulau Kapoposang menawarkan keindahan bawah laut yang indah. Airnya jernih sehingga keindahan pemandangan bawah lautnya jelas terlihat dari permukaan. Tak hanya terumbu karang dari berbagai jenis yang eksotis, perairannya juga mengoleksi ikan hias yang berlimpah. Salah satunya ikan badut atau nemo.

Mungkin pernah dengar nama Kapoposang? Rasanya, bisa jadi hanya satu-dua orang saja yang tahu dengan nama itu. Selebihnya, boleh jadi bisa dipastikan sangat asing. Jangan kan sekadar tahu, mungkin mendengarnya pun belum tentu pernah. Namun, bagi mereka yang berasal dari Sulawesi Selatan, pasti nama Kapoposang bukan hal yang asing. mereka tentu sangat familiar dengan nama tersebut.

Kapoposang tak lain adalah nama sebuah pulau yang berada di perairan provinsi tersebut. Pulau ini menjadi salah satu gugusan pulau spermode yang sangat indah dan menawan. berada di wilayah Kabupaten Pangkajene Kepulauaun (Pangkep), masuk ke dalam wilayah Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring.

Harus diakui, Pulau Kapoposang memang tak seberapa besar. Namun, meski begitu pulau ini memiliki pesona yang tak kalah hebatnya dengan banyak pulau di Tanah Air yang selama ini masuk ke dalam kelompok destinasi wisata yang cukup punya nama. Sebut saja misalnya Sabang di ujung barat Indonesia, atau Raja Ampat di bagian timurnya. Dari sisi popularitas jelas Pulau Kapoposang belum ada apa-apanya.

Tapi, soal pesona, sekali lagi Pulau Kapoposang pastinya tidak kalah. Ada sederet pesona pulau ini yang bisa dinikmati. Dimulai dari pemandangan alam sekitar pulau itu. Air laut yang begitu bersih dan bening serta membiru menjadi pemandangan memukau pertama yang menyambut para wisatawan saat masih berada di atas perahu menuju pulau tersebut. Bersamaan pula jika pandangan diarahkan ke pantainya, tampak dengan jelas, nyiur yang melambai, ditambah rerimbunan pohon cemara serta pelbagai jenis tetumbuhan lain seolah menyelimuti pulau itu dengan hamparan warna hijau dedaunan yang begitu menyejukkan.

Dan, begitu kaki menjejak, hamparan pasir putih nan bersih di seluruh bagian pantai akan menjadi pemandangan berikutnya yang akan menyambut kehadiran para wisatawan. Jangan salah kan jika melihat pesona pasir yang begitu menakjubkan ini kaki seolah tak ingin lagiĀ  bergeming. Pasir di sepanjang pantai Pulau Kapoposong yang begitu eksotis bukan tak mungkin telah menghinotis.

Lantas, pepohonan yang tumbuh mengisi ruas-ruas di sepanjang pantai kian menambah kecantikan pesona kawasan pesisir Pulau Kapoposang. Tak hanya sekadar mempercantik, keberadaan semua jenis vegetasi pantai tersebut menjadi pelindung dari sorotan mentari bagi para wisatawan. Tak pelak, pantai di pulau ini menjadi begitu menyejukkan. Apalagi, elusan angin di seputar pantai bagai tak henti-hentinya mengusap kuliat setiap mereka yang datang. Pantai Pulau Kapoposong tak lagi sekadar indah, tetapi juga menjanjikan nuansa yang begitu teduh dan sejuk.

Tentu banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Pulau Kapoposang. Salah satu yang pasti adalah nyantai. Dari bawah rerimbunan pepohonan wisatawan bisa duduk-duduk santai, menikmati makanan-minuman, sambil memandang panorama indah yang disuguhkan alam pulau ini. Melepas pandangan jauh ke tengah laut, menyaksikan buih nan putih bersih, mengiringi ombak yang saling berkejaran di antara hamparan birunya lautan. Pastinya, sangat mengasyikkan.

Bermain pasir pun bisa menjadi kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan di pantai ini. Mungkin bosan dengan kegiatan lain, maka pasir bisa dijadikan sasaran. Sambil santai, bisa mengasah kreativitas, membentuk pasir sesuai imajinasi. Singkatnya, hamparan pasir di Pantai Pulau Kapoposang senantiasa siap menjadi obyek kreativitas para pengunjung. Dan, banyak lagi aktivitas wisata lain yang bisa diwujudkan di destinasi ini.

Bagaimana untuk mereka, penggemar berat renang ataupun snorkeling? Pulau Kapoposang jelas adalah jawabannya. Tak berlebihan, jika untuk soal yang satu ini, Kapoposang bisa disejajarkan dengan destinasi wisata bahari lainĀ  di negeri ini. Keberadaan terumbu karang yang begitu beragam dan memesona, ditambah dengan airnya yang begitu bening adalah salah satu modal yang jelas mampu menarik minat para wisatawan yang punya hobi snorkeling, atau diving. Apalagi untuk menikmati semua itu tak perlu susah-susah mendapatkannya. Tak lebih dari 100 meter saja dari garis pantai, panorama bawah laut tersebut sudah bisa dinikmati.

Dan, keindahan panorama tersebut akan terasa kian sempurna saat ber-snorkel, pelbagai jenis ikan pelagis yang cantik-cantik berseliweran di celah-celah terumbu karang. Salah satu jenis yang cukup banyak bisa ditemui adalah ikan badut atau nemo. Apalagi, tak jarang pula sejumlah jenis hewan langka berkeliaran di sekelilingnya. Selain, hiu paus, kerap penyu pun menjadi tontonan yang cukup menyenangkan. Jadi, melihat faktanya, tak salah jika Pulau Kapoposang sangat pantas dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata berikutnya.

Beriwisata ke Pulau Kapoposang jelas sangat menguntungkan. Selain suguhan panoramanya yang dikenal luar biasa, penerimaan masyarakat di pulau itu welcome dan ramah. Bukan itu saja, mereka pun memiliki kesadaran yang tinggi terhadap upaya pelestarian lingkungan. Tak heran, jika Pulau Kapoposang nampak begitu asri. Makanya, berada di pulau itu serasa berada di rumah sendiri. Berminat untuk ke sana? Mudah. Letaknya sekitar 30 mil dari Dermaga Pangkep dan Dermaga Paotere Makassar. Bisa ditempuh 2 hingga 4 jam menggunakan perahu sewaan (bergantung jenis perahunya), dengan biaya sewa berkisar Rp 250 – Rp 350 ribu.

 

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY