Dive Spot Kelas Dunia yang Sensasional di Indonesia

0
13
views
Ilustrasi

Indonesia adalah surga para divers.  Ungkapan yang sangat realistis, sebab faktanya negeri yang dua per tiga wilayahnya laut ini menyimpan banyak sekali titik selam yang eksotis. Menawarkan panorama bawah laut yang sulit diungkap dengan kata-kata. Tak sedikit divers, dalam dan luar negeri terkesima dibuatnya.

Namanya pun menggaung dan menjadi begitu populer. Masuk akal, jika Dive Magazine, majalah diving terkemuka di dunia yang berkantor di Inggris kemudian menganugerahkan Indonesia, Best Dive Destination (Destinasi Selam Terbaik) 2017. Penghargaan bergengsi ini sebenarnya sudah kali kedua diterima Indonesia. Tak hanya itu, di saat bersamaan Indonesia pun berhasil menyabet gelar Best Dive Center of Resort (Resor Selam Terbaik).

Sebagai negara kepulauan dengan 17.000 lebih pulau-pulaunya yang bertebaran dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote, Indonesia memang memiliki dive spot yang bisa jadi tak terhitung banyaknya. Masing-masing memiliki karakteristik dengan segala keunggulannya sendiri-sendiri. Sebab itu, tak mengherankan kondisi tersebut menjadi pemicu para penggila selam untuk terus memburunya. Mau tahu seperti apa eksotisme dive spot tersebut? Ini 10 di antaranya.

Sabang, Aceh

Untuk uji adrenalin, Sabang sangat pas. Selain menawarkan lokasi diving yang variatif dan menantang, juga terbilang dalam, bisa mencapai lebih dari 70 m. Lebih dari 20 titik selam terdapat di areal yang diapit oleh Selat Malaka dan Samudera Hindia. Tak hanya Pulau Weh, di kawasan ini ada pula Pulau Rubiah, Klah, Seulako, dan Rondo. Ada sejumlah lokasi selam favorit yang menjadi primadona dan banyak dikunjungi para divers dalam dan luar negeri. Di antaranya, “The Canyon”, yang strukturnya berupa batu vulkanik bawah air dengan kedalaman 15 – 70 meter; “Batee Tokong”, “Sophie Rickmers”, di lokasi ini terdapat bangkai kapal sepanjang 134 meter, tenggelam pada 1940; Arus Balee, spot dengan arus laut yang kuat dan kerap berubah, sangat menantang.

Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimunjawa memiliki gugusan kepulauan yang cukup banyak, berkisar 27 pulau. Sedang jumlah titik selam sedikitnya ada 30, dengan kedalaman 5 – 40 meter, serta jarak pandang 5 – 25 meter,  dan arus yang bervariasi. Diving di Karimunjawa, selain penuh tantangan yang bisa memacu adrenalin, juga menyuguhkan pesona bawah laut memukau. Hamparan terumbu karangnya begitu masif, beragam dengan warna-warni cantik. Lebih dari 200 spesies ikan hias, plus satwa laut lain, seperti ikan napoleon, penyu Sisik dan penyu Hijau hidupan di kawasan ini. Seakan, turut menyempurnakan kehindahan pesona bawah laut Karimunjawa. Karimunjawa pun menyuguhkan diving cukup menantang. Yakni, menjelajah bangkai kapal karam, Indonor.

Bali

Bali memang merupakan  destinasi wisata terdepan di Tanah Air. Popularitasnya sudah menggaung di seantero dunia. Pulau Dewata ini memang seperti memiliki kekuatan magis yang mampu menyedot perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Objek wisatanya banyak dan sangat beragam. Tak cuma berbasis etnik yang unik, tapi juga universal.

Khusus diving, Bali banyak menawarkan spot dive favorit. Seperti di Nusa Penida, divers bisa menjelajahi Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, Batu Meling, Toyapakeh, Batu Lumbung, Crystal Bay, atau Malibu Point. Di Amed ada Tebing Laut Amed, Teluk Lipah, dan Gili Selang. Dan di Tulamben,  divers akan duji adrenalinnya untuk menjelajah bangkai Kapal Liberty. Selain itu pesona Coral Garden, Batu Kelebit, Seraya Secrets, Kubu Reef adalah lokasi lain yang bisa dinikmati berikutnya. Lalu di Sanur ada Jeladi Willis, Sanur Bay, dan Penjor Reef dan Pulau Menjangan terdapat Secret Bay, Pemuteran, dan PJ. Serta, Pantai Timur Bali selain menawarkan Amuk Bay dan Gili Biaha, juga ada Gili Tepekong, Gili Mimpang dan Blue Lagoon.

Pulau Komodo, NTT

Sejauh ini orang lebih mengenal Pulau Komodo sebagai habitat asli hewan purba kadal raksasa alias komodo. Dan keberadaannya tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung, melihat langsung hewan langka dan dilindungi ini. Namun sesungguhnya bukan cuma hewan ini yang menjadi andalan di Pulau Komodo.  Pulau ini pun punya dive spot yang memukau. Ada sederet dive spot yang banyak dicari para penggila dunia selam. Lokasi tersebut, antara lain: Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, dan Batu Tiga. Selain itu terdapat pula Manta Point, lokasi selam banyak terdapat kawanan manta. Dan, bukan cuma manta, perairan sekitar Pulau Komodo pun banyak dihuni beragam jenis ikan lain, seperti ikan badut, hiu karang, penyu, hingga barakuda. Sedang topografi bawah lautnya beragam, mulai dari reef flat hingga wall. Dan, arusnya cukup kuat, karena itu tidak disarankan bagi penyelam pemula.

Alor, NTT

Sebagai destinasi selam, Alor memang belum sekondang Sabang, Bali ataupun Komodo. Namun, bukan berarti Alor tak mampu menyamakan semua destinasi selam tersebut. Pasalnya, semua dive spot di kepulauan ini tak kalah memesonanya. Jumlahnya pun cukup banyak, tak kurang dari 30 dive spot yang tersebar di antara kurang-lebih 20 pulau dan beberapa selat di wilayah itu. Mau tahu apa saja? Ini dia di antaranya Half Moon Bay, Baruna’s Point, Coconut Groove, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Never – Never Wall, Trip Top, No Man’s Land, The Chatedral. Lantas, apa saja yang bisa dinikmati? Selain terumbu karang yang beragam dengan warna-warni cantik, menyelam di Alor bisa pula menyaksikan langsung banyak biota lain, semisal Hiu karang , Penyu, Moray Eels, Rays, Napoleon, Dog-tooth Tuna, dan Barakuda.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Nama Wakatobi sebagai destinasi selam belakangan mulai meroket. Letaknya di tenggara Sulwesi dan merupakan gugusan pulau, terdiri dari Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Namanya kian mencuat setelah ditetapkan menjadi salah satu Taman Nasional sejak 1996. Bahkan The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pun menobatkan kepulauan ini sebagai Cagar Biosfer Dunia. Selain memesona, menyelam di perairan Wakatobi sangat menantang. Bagaimana tidak, kawasan ini dihuni lebih dari 750 jenis koral dengan 25 buah gugusan terumbu karang. Apalagi dengan airnya yang begitu bening, jarak pandang divers akan mampu menembus seluruh biota laut sejauh 80 m. Dan, hebatnya lagi kedalamannya cukup ekstrem, mencapai 1.044 m, tapi dengan arus yang cukup bersahabat. Satu lagi, di Wakatobi terdapat sekitar 40 dive spot terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Derawan, Kalimantan Timur

Derawan merupakan gugusan kepulauan yang masuk wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat sebanyak 31 pulau, dengan beberapa di antaranya cukup punya nama, seperti Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Selain menyuguhkan pesona berkelas, di Derawan divers bisa menjelajahi dive spot yang beragam. Tercatat, tak kurang dari 28 titik tersebar di tengah gugusan kepulauan ini bisa disambangi. Biota lautnya pun banyak jumlahnya, lalu-lalang di antara terumbu karang yang cantik akan senantiasa menemani.  Yang asyiknya lagi, divers bisa berinteraksi langsung dengan setidaknya empat jenis ubur-ubur yang tidak menyengat di Kakaban. Pulau yang terkenal dengan atol yang membentuk danau air asin.

Bunaken, Sulawesi Utara

Mau menjelajahi taman laut terindah di dunia? Bunaken tempatnya. Pesona bawah lautnya sangat menawan. Tak heran, jika taman laut yang terletak di teluk dan masuk wilayah kota Manado diklaim sebagai taman laut terindah di dunia. Pasalnya, di kawasan ini para divers akan bisa menyaksikan langsung dari dekat semua eksotisme panorama bawah laut. Biota lautnya beragam dan menawan. Suguhan terumbu karangnya yang indah dan juga beragam, serta banyak suguhan lain yang bisa membuat semuanya tertegun. Bercanda dengan ikan duyung atau lumba-lumba bisa. Bahkan, ikan yang bertampang angker pun, seperti choelacanth serta berbagai jenis lainnya ada di lokasi ini. Pastinya menyelam di Bunaken tak akan membosankan. Terlebih, di kawasan ini terdapat sekitar 20 dive spot yang bisa disambangi, dengan kedalaman bervariasi. Yang paling ekstrem mencapai 1.344 m. Sangat menantang kan?

Ambon, Maluku

Di perairan Ambon pun punya deretan dive spot yang tak kalah cantiknya. Tak cuma cantik, petualangan bawah laut di kawasan ini menyajikan  sekitar 21 spot dive. Banyak pilihan yang tentu semuanya mengasyikkan. Ditambah lagi, objek-objek penyelaman pun sangat lengkap. Selain terdapat gua yang cukup menantang, juga berupa kapal karam. Penjelajahan yang sudah bisa dipastikan akan memacu adrenalin. Semua dive spot di kawasan ini terkenal, tak hanya nasional, melainkan juga internasional. Tersebar dari kawasan Tanjung Sial di utara sampai Malilana.  Jadi, ke mana pun pilihan dijatuhkan, tetap menjanjikan kepuasan. Dan, beberapa dive spot yang terkenal itu, antara lain Hukurila Cave, Aquila Wreck, Laha, Lehari-Labuang, Muka Batu, dan Pulau Pombo.

Raja Ampat, Papua Parat

Sebagai dive destination Raja Ampat jelas sangat spektakuler. Kepulauan di Papua Barat yang memilki 610 pulau juga di mata internasional merupakan salah satu dive spot terindah di dunia. Tingkat keanekaragaman biota lautnya tertinggi. Ada sekitar 537 spesies terumbu karang – 75% dari total spesies terumbu karang dunia, lebih dari 1.000 spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Banyak pilihan diving di Raja Ampat. Semua menjanjikan keindahan panorama bawah laut yang luar biasa. Selain di pulau-pulau terbesar dalam gugusan Kepulauan Raja Ampat, seperti Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, divers pun bisa melakukan  petualangan bawah laut yang tak kalah mengesankan. Di antaranya, di Mansuar Island, Chicken Reef (gugus terumbu karang berarus kuat di atas, tenang di dalam). Kemudian, Mike’s Point, Manta’s Point atau Pulau Aborek, Blue Magic dan lainnya.

Agus A. Abdullah

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY